Gambar dan Jenis Jenis Burung Pleci Kacamata di Indonesia

Burung Pleci atau yang dikenal juga dengan nama burung kacamata memiliki bentuk tubuh yang kecil, mungil namun memiliki suara yang khas sehingga pantas saja selalu menjadi primadona di kalangan kicaumania tanah air. Burung ini umumnya hidup liar pada hutan-hutan yang masih bisa dilalui cahaya matahari, karena burung ini senang berjemur sambil berkicau di pagi dan sore hari.

Sebagaimana kebanyak burung kicauan, hanya pleci jantan saja lah yang mampu mengeluarkan suara yang indah. Sehingga pleci jantan kerap di buru oleh pleci mania meskipun harganya bisa menjadi cukup mahal untuk seukuran itu. Nah bila Anda adalah seorang pleci mania atau yang baru terjun di dunia kicaumania, alangkah baiknya Anda mengetahui jenis jenis burung pleci kacamata yang umumnya ada di Indonesia.

Secara riset, di Indonesia sendiri ada 22 jenis burung pleci kacamata, namun hanya ada beberapa saja yang umumnya dipelihara oleh kicaumania. Hal ini mungkin dikarenakan beberapa jenis pleci kacamata sudah mulai sulit di temukan ataupun sulit ditangkar. Nah jadi sebagai penambah wawasan Anda, berikut kami ulas mengenai gambar dan jenis jenis burung pleci kacamata yang ada di Indonesia.

1. Burung Pleci Kacamata Jawa

Tidak hanya di temukan di Indonesia, burung pleci kacamata jawa ini juga bisa ditemukan di Malaysia. Habitat asli burung ini adalah pada hutan-hutan di dataran rendah tropis atau subtropis seperti hutan mangrove, dan semak belukar. Ciri yang menonjol dari burung pleci kacamata jawa ini adalah tubuhnya yang kecil hanya berukuran sekitar 10 cm, dan badannya di dominasi oleh warna-warna kuning. Sedangkan tubuh bagian atasnya di tandai dengan warna kuning zaitun serta bagian bawah berwarna kuning biasa.
Gambar Burung Pleci Kacamata Jawa
2. Burung Pleci Kacamata Laut

Burung ini hanya ada di Indonesia atau tepatnya di Selat Sunda sampai Kepulauan Aru. Ciri fisik burung pleci kacamata laut hampir mirip dengan kacamata jawa, hanya saja tubuhnya sedikit lebih besar yakni berukuran sekitar 11 cm, dan memiliki warna perut kuning. Sedangkan untuk tubuh bagian atasnya berwarna kuning zaitun dan bagian bawah berwarna kurung lemon (pucat).
Gambar Burung Pleci Kacamata Laut
3. Burung Pleci Kacamata Togian

Burung ini keberadaannya sudah sangat langka, dan bilapun tersedia tentunya harganya akan lebih mahal dari jenis pleci lainnya. Namun secara fisik yang membedakan burung pleci kacamata togian ini dengan jenis lainnya adalah tidak terdapatnya lingkaran putih disekitar mata.
Gambar Burung Pleci Kacamata Togian
Itulah beberapa jenis burung pleci yang ada di Indonesia, selain itu masih ada beberapa jenis lainnya seperti burung pleci kacamata limau, burung pleci kacamata kai, burung pleci kacamata tual, burung pleci kacamata makasar, burung pleci kacamata wallacea, burung pleci kacamata dahi-hitam, burung pleci kacamata opior dwiwarna, burung pleci kacamata halmahera, burung pleci kacamata kecil, burung pleci kacamata tagula, burung pleci kacamata kepala-hitam, burung pleci kacamata biak, burung pleci kacamata arfak, burung pleci kacamata buru, burung pleci kacamata ambon, burung pleci kacamata abu abu asal papua, burung pleci kacamata togian, dan burung pleci kacamata kepala hitam Arfak

Related Posts: