Tips Memilih Burung Pleci Ombyokan yang Bagus

Jika Anda ingin mengikutsertakan burung pleci kesayangan Anda di ajang lomba burung berkicau, cara yang paling tepat adalah dengan memilih burung pleci ombyokan yang bagus. Burung pleci ombyokan yang memilih kualitas suara yang bagus bisa didapatkan dengan mudah melalui trah burung pleci juara. Burung pleci juara yang sudah memenangi berbagai lomba burung berkicau biasanya berpotensi besar untuk mewarisi sifat induknya, sehingga ombyokannya kelak akan lebih mempunyai peluang besar menjadi jawara.

Untuk mendapatkan pleci ombyokan dari trah jawara memang sangat sulit. Selain itu bila memang tersedia, harganya pasti sangat mahal karena mewarisi trah jawaranya. Hal ini tentunya bukan suatu masalah jika Anda memanglah pecinta burung pleci dan mempunyai modal yang besar untuk membelinya. Namun bagaimana dengan yang hanya bermodal pas-pasan dan ingin mendapatkan pleci ombyokan yang bagus? Anda tidak perlu khawatir, dipasaran juga masih banyak tersedia pleci ombyokan yang berkualitas, selama Anda tidak salah memilihnya.

Simak tips memilih burung pleci ombyokan yang bagus berikut ini:
    Tips Memilih Burung Pleci Ombyokan yang Bagus
    Burung Pleci Ombyokan yang Bagus
  • Pilih ombyokan pleci yang berjenis jantan, sebab hanya pleci jantan saja yang bisa gacor dan layak untuk dilombakan. Untuk membedakan pleci jantan dan pleci betina, silahkan lihat artikel kami sebelumnya.
  • Perhatikan postur tubuh pleci, jika tubuhnya terlihat panjang dan proporsional antara kaki, leher dan ekor, maka bisa dipastikan pleci ombyokan tersebut sehat dan bagus.
  • Lihat juga kaki jenjang panjang, kering dan jari jari panjang menandakan burung pleci memilih tubuh yang kuat untuk bertengger.
  • Pleci ombyokan yang bagus juga memiliki kepala yang lebih besar dengan bentuk menyerupai kotak serta dahi lebih menonjol.
  • Pangkal paruh lebar, paruh tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, serta memiliki paruh yang panjang dan terlihat lurus.
  • Lihat juga bagian lehernya, burung pleci ombyokan yang bagus lehernya akan terlihat lebih panjang dan tebal berisi.
  • Burung pleci yang bagus punya dada yang lebar dan berisi (berdada bidang).
  • Ekor panjang dan rapi, bulu-bulunya terlihat rapi dan mengkilap.
  • Selain itu matanya juga bulat, besar dan melotot, serta sangat lincah dalam bergerak.

Related Posts: