Mengenal Berbagai Jenis Burung Kenari dari Seluruh Dunia

Burung kenari merupakan salah satu diantara ratusan jenis burung yang paling banyak peminatnya. Bentuk tubuh yang mungil dan suara yang merdu kerap menjadi alasan seseorang untuk memelihara burung kenari. Selain itu burung kenari termasuk burung yang paling mudah dalam perawatannya, sehingga siapapun orangnya dapat belajar memelihara burung kenari dengan baik.

Ada beberapa jenis burung kenari yang ada di seluruh dunia, jenis-jenis burung kenari tersebut antara lain adalah:

1. Burung Kenari Norwich 

Jenis kenari Norwich memiliki ciri khas yakni mempunyai warna bulu yang menanik, tidak tebal serta memiliki bentuk tubuh bulat. Biasanya ukuran tubuh kenari Norwich hanya mencapai 15 -16 cm

2. Kenari Scotch Fancy 

Kenari Scotch Fancy memiliki bentuk tubuh seperti kenari belgia, namun bedanya, bentuk kepala agak sedikit bulat dan berukuran lebih kecil. Di Inggris burung kenari ini lebih dikenal dengan nama bird o circle yang artinya pada beberapa waktu burung kenari jenis ini mampu membentuk tubuhnya seperti bulan sabit atau setengah lingkaran.

Gambar Burung Kenari Yorkshire
3. Border Fancy Canary 

Tidak cukup banyak informasi untuk jenis burung Border Fancy Canary, namun yang pasti burung kenari jenis ini memiliki bentuk tubuh yang bulat dan waran yang mengkilap dan terlihat sangat indah.

4. London Fancy 

London Fancy termasuk jenis burung kenari yang sudah sulit untuk ditemukan. Bahkan dari penelitian yang pernah dilakukan, burung ini sudah lama punah sehingga sulit mendapatkan informasi yang jelas.

5. Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire merupakan jenis kenari favorit yang diminati oleh orang-orang termasuk kicaumania. Burung jenis ini memiliki ukuran tubuh yang mungil dan suara yang sangat merdu. Pengembangbiakan Kenari Yorkshire juga tidak begitu sulit, bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak peternak burung kenari Yorkshire dengan kualitas yang bagus. Jadi wajah saja burung kenari jenis ini mudah ditemui di pasar burung.

6. Burung Kenari  Lanchaisire 

Kenari  Lanchaisire merupakan jenis kenari terbesar yang umum ditemukan di Inggris. Akan tetapi untuk jenis aslinya sendiri sudah sulit ditemukan, sebab para peternak kenari Lanchaisire sudah banyak melakukan persilangan kenari Lanchaisire dengan jenis lainnya, sehingga perlahan mengikis keberadaan jenis asli kenari Lanchaisire itu sendiri.

Demikianlah jenis-jenis burung kenari yang perlu Anda ketahui. Beberapa diantaranya memang sudah tidak mungkin lagi ditemukan (punah) dan kebanyakan yang ada dipasaran saat ini adalah burung kenari hasil persilangan, namun tetap dengan kualitas suara yang mumpuni.

Related Posts: